Kurikulum Program Studi Informatika 2023 berbasis OBE (outcome based education) dengan berlandaskan capaian pembelajaran SNDikti, KKNI, APTIKOM dan ACM-IEEE CC 2020.
Berdasarkan hasil evaluasi terhadap kurikulum dan mengacu kepada beberapa referensi acuan di atas, maka PEO atau Profil Profesional Mandiri lulusan Magister Informatika dibagi dalam tiga domain/ranah yakni: (i) Professionalism yang menunjukkan kemampuan bekerja di berbagai bidang dengan memanfaatkan disiplin keilmuan Magister Informatika, (ii) Personal Development yang menunjukkan kemampuan lulusan untuk mampu belajar sepanjang hayat, fleksibel dan mampu beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan yang akan semakin kuat di masa-masa mendatang, dan (iii) Societal Engagement yang menunjukkan kemampuan lulusan menjadi bagian dari agen-agen perubahan di masyarakat sebagai bagian dari implementasi visi keislaman dari Program Studi Magister Informatika dan perguruan tinggi UMS secara umum.
Profil lulusan dengan bidang profesi yang diharapkan:
Domain | Profil Lulusan | Profesi | |
Professionalisme | PL01/PEO-01 | Lulusan memiliki kemampuan menganalisis persoalan di dunia nyata serta menerapkan prinsip-prinsip computing khususnya bidang rekayasa perangkat lunak dan kecerdasan buatan untuk mengidentifikasi solusi bagi organisasi maupun masyarakat luas. | Software developer Artificial Intelligence (AI) Specialist Researchers Academia Technopreneur IT Support Specialist |
PL02/PEO-02 | Lulusan memiliki kemampuan mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis computing khususnya berkaitan dengan pengembangan perangkat lunak dan teknologi kecerdasan buatan yang memenuhi kebutuhan pengguna dengan pendekatan yang sesuai. | ||
Personal Development | PL03/PEO-03 | Lulusan memiliki etika profesionalitas, integritas, jujur, bertanggung jawab, serta wawasan keislaman dalam berperilaku baik di lingkungan, kerja, pendidikan, maupun masyarakat pada umumnya. | |
Societal Engagement | PL04/PEO-04 | Lulusan memiliki kemampuan teamwork, kepemimpinan, komunikasi, kolaborasi dalam berkerja secara tim untuk menyelesaikan permasalahan nyata di segala aspek kehidupan masyarakat. |
Capaian pembelajaran lulusan dan keterkaitan terhadap tujuan pendidikan program studi:
CPL | Capaian Pembelajaran Lulusan |
CPL01 | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, taat hukum, dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. |
CPL02 | Menunjukkan sikap profesional dalam bentuk kepatuhan pada etika profesi, kemampuan bekerjasama dalam tim multidisiplin, pemahaman tentang pembelajaran sepanjang hayat, dan respon terhadap isu sosial dan perkembangan teknologi. |
CPL03 | Memiliki pengetahuan yang memadai terkait cara kerja sistem komputer dan mampu menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu organisasi. |
CPL04 | Memiliki kompetensi untuk menganalisis persoalan computing yang kompleks untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin |
CPL05 | Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. |
CPL06 | Memiliki kemampuan (pengelolaan) manajerial tim dan kerja sama (team work), manajemen diri, mampu berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dengan baik dan mampu melakukan presentasi. |
CPL07 | Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi dalam bentuk tesis atau artikel ilmiah. |
CPL08 | Kemampuan mengimplementasi kebutuhan computing dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai. |
CPL09 | Kemampuan menganalisis, merancang, membuat dan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin. |
CPL10 | Kemampuan mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis computing multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan computing pada sebuah organisasi. |